KEPUTUSAN BAHTSUL MASAIL SYURIYAH NU KE
IX
WILAYAH JAWA TIMUR DI PP MAMBAUL
MA'ARIF
DENANYAR JOMBANG
Tgl 7 – 8 Rajab 1405 / 29 – 30 Maret
1985

1.
a. Bolehkah dalam akad pinjam
meminjam (hutang) mensyaratkan persyaratan yang dikaitkan dengan jangka waktu
pinjaman, sekedar untuk menyesuaikan dengan nilai mata uang, agar masing –
masing pihak (yang hutang dan yang menghutangi) tidak merasa dirugikan?
b.
Kalau seseorang hutang dari orang lain berupa mata uang dolar misalnya dan
membayarnya dengan rupiah, kurs manakah yang dipakai, kurs pada saat berhutang
ataukah kurs saat membayarnya?
Jawab:
Karena
ternyata nilai uang itu berubah – ubah, maka hukumnya di Tafsil:
- Apabila nilai uang itu tetap (tidak merosot), maka harus dikembalikan sejumlah hutangnya.
- Apabila nilainya merosot, maka harus dikembalikan nilai hutangnya waktu membayarnya.
Maka
dari itu perjanjian tersebut boleh, dan syaratnya mulgho (tidak dianggap)
Keterangan
dari kitab:
- Al Bujaeromi ala fathil wahab juz II / hal 354.
- Hamisy Bujaeromi Wahab II / hal 356
- Nihayatul Muhtaj Juz II / hal 250
- Mughnil Muhtaj Juz II / hal 118
- Tarsyihul Mustafidin hal 233.
فى ترشيخ المستفيدين صحيفة 233 ما نصّه:
ويجب على المقترض رد المثل فى المثلى
وهو النقد والحبوب ولو نقدا ابطله السلطان لانه اقرب إلى حقه ورد المثل صورة فى
المتقوم وهو الحيوان والثياب والجواهر ولا يجب قبول الردئ عن الجيد ولا قبول المثل
فى غير محل الاقراض ان كان له غرض صحيح كأن كان لنقله مؤنة ولم يتحملها المقترض او
كان الموضع مخوفا ولا يلزم المقترض الدفع فى غير محل الاقراض الا اذا لم يكن لحمله
مؤنة وتحملها المقرض لكن له مطالبة فى غير محل الاقراض بقيمة بمحل الاقراض وقت
المطالبة فيما لنقله مؤنة ولم يتحملها المقرض لجواز الاعتياض عنه.
وفى البجيرمي على فتح الوهاب الجزء
الثانى صحيفة 354 ما نصه:
ومثل النقد الفلوس الجديد وقد عمت
البلوى فى الديار المصرية فى غالب الازمنة فحيث كان لذلك قيمة اى غير تافهة رد
مثله والا رد قيمته باعتبار اقرب وقت المطالبة له فيه قيمة.
وفى هامش البجيرمي على فتح الوهاب الجزء
الثانى صحيفة 356 ما نصه:
او شرط ان يرد انقص قدرا او صفة كرد
مكسر عن صحيح او ان يقرضه غيره اجلا بلا غرض صحيح او به والمقترض غير مليئ لغا
الشرط فقط لا العقد لان ما جره من المنفعة ليس للمقرض بل للمقترض اولهما والمقترض
معسر والعقد عقدار فاق ووعده وعدا حسنا (قوله اولهما) اى فى صورة ما اذا كان الاجل
لغرض صحيح والمقترض غير مليئ بان كان معسرا وعبارة م ر ولا عبرة بحرها للمقرض فى
الاخيرة لان المقترض لما كان معسرا كان الجبر اليه اقوى فغلب ومثله ما فى المهذب
الجزء الاول ص 304، ونهاية المحتاج الجزء الثالث من 250، ومغنى المحتاج الجزء
الثانى ص 118.
2.
Kalau terjadi orang yang
berpendirian: Hasib wajib mengamalkan hisabnya dalam melakukan ibadah ternyata
hitungannya mengenai waktu Wuquf tidak sama dengan apa yang sudah ditetapkan
oleh pemerintah: "Al mamlakatul 'Arobiyah Assa'udiyah" (misalnya
menurut hitungan hisabnya, waktu wuquf yang ditetapkan pemerintah Saudi itu
jatuh tanggal 10 Dzulhijjah) tapi karena sudah menjadi ketetapan pemerintah,
terpaksa dia ikut melaksanakan wuquf, meskipun dalam hati dia tetap
berjeyakinan bahwa hari wuquf itu adalah tanggal 10 Dzulhijjah, sahkah
ibadahnya hajinya?
Jawab:
Sah
ibadah hajinya orang tersebut walaupun keyakinan hisabnya bertentangan dengan
pemerintah Saudi Arabia
yang berpedoman rukyat.
Keterangan dari kitab :
- Bughiyatul Mustarsyidin halaman. 110.
- B. Hasyiyah Al Iedloh halaman. 153.
فى بغية المسترشدين صحيفة 110 مل نصه:
نعم ان عارض الحساب الرؤية فالعمل عليها
لا عليه على كل قول.
وفى
حاشية الايضاح صحيفة 153 ما نصه:
وله
تردد طويل فيما اذا ظن بعض الحجاج صدق الشهور هل له اعتماده او يلزمه كما فى
رمضان، وفيما لو اخبره بالرؤية من يعتقد صدقة وفيما لو عرف الوقت بمقتضى الحساب
وفيما لو رأى الهلال خارج مكة ثم قدم فوجد اهلها رأوه على خلاف رؤيته والذى يظهر
لى فى ذلك انه فى غير الاخيرة مخير بين ان يعمل بمقتضى ظنه وبين ان يقف مع الناس
لانه على فرض الغلط يجزئ هنا بخلاف رمضان اهـ. ومثله ما فى الموهبة ذى الفضل الجزء
الرابع صحيفة 497.
3.
Orang yang berternak ikan
bandeng dengan tujuan setelah tiba waktu panen ikan tersebut, ikan-ikan akan
diambil dan dijual, hasil penjualan ikan akan dipakai untuk mencukupi kebutuhan
sehari-hari lazimnya orang berumah tangga. Setelah sampai delapan bulan sejak
beternak, maka ikan-ikannya pun diambil dan dijual semua. Hasil penjualan
mencapai uang senilai setengah kilo gram emas dan dibelanjakan untuk kebutuhan
hidup, sisanya senilai 50 gram emas dibelikan bibit bandeng untuk diternakan
lagi dengan tujuan seperti yang sudah-sudah.
Pertanyaan :
Apakah
dengan tujuan dan cara tersebut orang itu wajib membayar zakat hahil
peternakannya? Kalau wajib kapankah diwajibkan mengeluarkan zakatnya? Kalau
tidak wajib zakat, dapatkah dicontohkan peternakan hewan bukan zakat di Indonesia yang memenuhi syarat
tijaroh. Sebagaimana yang di maksud keputusan jawan butir (a) tersebut.
Jawab:
Tidak
wajib zakat karena tidak niat diperdagangkan menurut madzhab Syafi'I tetapi
kalau kita bertaqlid kepada madzhab Hanafi. Maka wajib zakat secara mutlak.
Keterengan dari buku An-Nahdliyah Jawa Timursoal I no 28 dan 82, yang mengambil
dari kitab:
a. Al Muhaddzab Juz I/159
b. Itsmidul Ainna'in hal. 48, 49
c. Tuhfatul Muhtaj Juz III/295
d. Al Hamisy Al
Madaniyah Juz I/95
فى المهذب الجزء الاول صحيفة 159 ما
نصه:
و لا يصير العوض للتجارة الا بشرطين
احدهما ان يملكه بعقد يجب فيه العوض كالبيع و الاجارة والنكاح والخلع، والثانى ان
ينوى عند العقد انه يتملكه للتجارة. وكذلك فى احكام الفقهاء الجزء الثانى صحيفة 13
والجزء الثالث صحيفة 21. وفى اثمد العين صحيفة 48 – 49 ما نصه: مسئلة: افاد ايضا
ان مذهب ابى حنيفة وجوب الزكاة فى كل ما خرج من الارض الا حطبا او قصبا او حشيشا
ولا يعتبر نصابا. وعند الامام احمد فيما يؤكل او يوزن او يدخر للقوت، ولا بد من
النصاب عند مالك كالشافعى. ومثله ما فى تحفة المحتاج الجزء الثانى صحيفة 195.
4.
Ada usaha
perkebunan tebu dengan tujuan bahwa hasil panennya akan dijual semua untuk
keperluan hidup. Setelah tebu berumur 18 bulan, maka semua tebu senilai
setengah kilo gram emas. Hasil penjualan tebu ini apakah wajib dizakati dan apa
alasannya? Kalau wajib dizakati dapatkah diberikan contoh penanaman
(petanian/perkebunan) tanaman bukan zakawi yang memenuhi syarat-syarat tijaroh?
Jawab:
Tidak
wajib zakat karena tidak memenuhi syarat tijaroh. Adapun contoh penanaman
tanaman bukan zakat tetapi dizakati ialah tanaman tebu yang ditujukan diperjual
belikan. Pengambilan dalil antara lain:
فى بشرى الكريم الجزء الثانى صحيفة 50
ونصه:
الصدقة مما يعد المبيع اهـ. وفى الحواش
المدينة الجزء الثانى صحيفة 95 ما نصه: وقد قررنا ان ما لا زكاة فى عينه تجب فيه
زكاة التجارة من الجذوع والتين والارض اذ ليس في هذه المذكورات زكاة عين. وما لا
زكاة فى عينه يجب فيه زكاة التجارة اهـ.
5.
Seseorang yang membuka hotel
dengan modal senilai satu kilo gram emas bertujuan agar dari uang hasil sewa
hotel dapat digunakan untuk mencukupi kebutuhan hidup pengusaha hotel.
Rata-rata setiap bulan menghasilkan uang sewa senilai 40 gram emas . Dan setiap
bulannya uang sewa ini selalu habis untuk keperluan hidup dan biaya
pemeliharaan / perbaikan hotel. Karena demikian, maka pada akhir tahun hanya
tersisa uang sewa senilai 50 gram emas. Hotel yang selalu di perbaiki dengan
uang sewa ini, sekarang menjadi bagus dan harga jualnya naik menjadi satu
setengah kilo gram emas. Usaha perhotelan dengan cara demikian ini, Apakah
wajib dizakati, Berapa harus dibayar, apakah dari hasil sewa saja atau dari / beserta
harga hotel. Kalau tidak wajib, dapatkah diberikan contoh usaha perhotelan yang
mengandung makna tijaroh yang wajib dizakati?
Jawab:
Tidak
wajib di zakati. Contoh usaha perhotelan dan usaha semisal yang wajib dizakati
ialah usaha perhotelan yang hasilnya per tahun telah memenuhi persyaratan
tijaroh. Pengambilan dalil antara lain dari:
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan komentar dengan baik. Untuk kemajuan bersama