Jumat, 13 November 2015



KEPUTUSAN BAHTSUL MASAIL SYURIYAH NU KE IX
WILAYAH JAWA TIMUR DI PP MAMBAUL MA'ARIF
DENANYAR JOMBANG
Tgl 7 – 8 Rajab 1405 / 29 – 30 Maret 1985
 

1.       a. Bolehkah dalam akad pinjam meminjam (hutang) mensyaratkan persyaratan yang dikaitkan dengan jangka waktu pinjaman, sekedar untuk menyesuaikan dengan nilai mata uang, agar masing – masing pihak (yang hutang dan yang menghutangi) tidak merasa dirugikan?
b. Kalau seseorang hutang dari orang lain berupa mata uang dolar misalnya dan membayarnya dengan rupiah, kurs manakah yang dipakai, kurs pada saat berhutang ataukah kurs saat membayarnya?

Jawab:
Karena ternyata nilai uang itu berubah – ubah, maka hukumnya di Tafsil:
  1. Apabila nilai uang itu tetap (tidak merosot), maka harus dikembalikan sejumlah hutangnya.
  2. Apabila nilainya merosot, maka harus dikembalikan nilai hutangnya waktu membayarnya.
Maka dari itu perjanjian tersebut boleh, dan syaratnya mulgho (tidak dianggap)
Keterangan dari kitab:
  1. Al Bujaeromi ala fathil wahab juz II / hal 354.
  2. Hamisy Bujaeromi Wahab II / hal 356
  3. Nihayatul Muhtaj Juz II / hal 250
  4. Mughnil Muhtaj Juz II / hal 118
  5. Tarsyihul Mustafidin hal 233.


فى ترشيخ المستفيدين صحيفة 233 ما نصّه:
ويجب على المقترض رد المثل فى المثلى وهو النقد والحبوب ولو نقدا ابطله السلطان لانه اقرب إلى حقه ورد المثل صورة فى المتقوم وهو الحيوان والثياب والجواهر ولا يجب قبول الردئ عن الجيد ولا قبول المثل فى غير محل الاقراض ان كان له غرض صحيح كأن كان لنقله مؤنة ولم يتحملها المقترض او كان الموضع مخوفا ولا يلزم المقترض الدفع فى غير محل الاقراض الا اذا لم يكن لحمله مؤنة وتحملها المقرض لكن له مطالبة فى غير محل الاقراض بقيمة بمحل الاقراض وقت المطالبة فيما لنقله مؤنة ولم يتحملها المقرض لجواز الاعتياض عنه.

وفى البجيرمي على فتح الوهاب الجزء الثانى صحيفة 354 ما نصه:
ومثل النقد الفلوس الجديد وقد عمت البلوى فى الديار المصرية فى غالب الازمنة فحيث كان لذلك قيمة اى غير تافهة رد مثله والا رد قيمته باعتبار اقرب وقت المطالبة له فيه قيمة.
وفى هامش البجيرمي على فتح الوهاب الجزء الثانى صحيفة 356 ما نصه:
او شرط ان يرد انقص قدرا او صفة كرد مكسر عن صحيح او ان يقرضه غيره اجلا بلا غرض صحيح او به والمقترض غير مليئ لغا الشرط فقط لا العقد لان ما جره من المنفعة ليس للمقرض بل للمقترض اولهما والمقترض معسر والعقد عقدار فاق ووعده وعدا حسنا (قوله اولهما) اى فى صورة ما اذا كان الاجل لغرض صحيح والمقترض غير مليئ بان كان معسرا وعبارة م ر ولا عبرة بحرها للمقرض فى الاخيرة لان المقترض لما كان معسرا كان الجبر اليه اقوى فغلب ومثله ما فى المهذب الجزء الاول ص 304، ونهاية المحتاج الجزء الثالث من 250، ومغنى المحتاج الجزء الثانى ص 118.

2.       Kalau terjadi orang yang berpendirian: Hasib wajib mengamalkan hisabnya dalam melakukan ibadah ternyata hitungannya mengenai waktu Wuquf tidak sama dengan apa yang sudah ditetapkan oleh pemerintah: "Al mamlakatul 'Arobiyah Assa'udiyah" (misalnya menurut hitungan hisabnya, waktu wuquf yang ditetapkan pemerintah Saudi itu jatuh tanggal 10 Dzulhijjah) tapi karena sudah menjadi ketetapan pemerintah, terpaksa dia ikut melaksanakan wuquf, meskipun dalam hati dia tetap berjeyakinan bahwa hari wuquf itu adalah tanggal 10 Dzulhijjah, sahkah ibadahnya hajinya?

Jawab:
Sah ibadah hajinya orang tersebut walaupun keyakinan hisabnya bertentangan dengan pemerintah Saudi Arabia yang berpedoman rukyat.
Keterangan dari kitab :
  1. Bughiyatul Mustarsyidin halaman. 110.
  2. B. Hasyiyah Al Iedloh halaman. 153.

فى بغية المسترشدين صحيفة 110 مل نصه:
نعم ان عارض الحساب الرؤية فالعمل عليها لا عليه على كل قول.
وفى حاشية الايضاح صحيفة 153 ما نصه:
وله تردد طويل فيما اذا ظن بعض الحجاج صدق الشهور هل له اعتماده او يلزمه كما فى رمضان، وفيما لو اخبره بالرؤية من يعتقد صدقة وفيما لو عرف الوقت بمقتضى الحساب وفيما لو رأى الهلال خارج مكة ثم قدم فوجد اهلها رأوه على خلاف رؤيته والذى يظهر لى فى ذلك انه فى غير الاخيرة مخير بين ان يعمل بمقتضى ظنه وبين ان يقف مع الناس لانه على فرض الغلط يجزئ هنا بخلاف رمضان اهـ. ومثله ما فى الموهبة ذى الفضل الجزء الرابع صحيفة 497.

3.       Orang yang berternak ikan bandeng dengan tujuan setelah tiba waktu panen ikan tersebut, ikan-ikan akan diambil dan dijual, hasil penjualan ikan akan dipakai untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari lazimnya orang berumah tangga. Setelah sampai delapan bulan sejak beternak, maka ikan-ikannya pun diambil dan dijual semua. Hasil penjualan mencapai uang senilai setengah kilo gram emas dan dibelanjakan untuk kebutuhan hidup, sisanya senilai 50 gram emas dibelikan bibit bandeng untuk diternakan lagi dengan tujuan seperti yang sudah-sudah.
Pertanyaan :
Apakah dengan tujuan dan cara tersebut orang itu wajib membayar zakat hahil peternakannya? Kalau wajib kapankah diwajibkan mengeluarkan zakatnya? Kalau tidak wajib zakat, dapatkah dicontohkan peternakan hewan  bukan zakat di Indonesia yang memenuhi syarat tijaroh. Sebagaimana yang di maksud keputusan jawan butir (a) tersebut.
Jawab:
Tidak wajib zakat karena tidak niat diperdagangkan menurut madzhab Syafi'I tetapi kalau kita bertaqlid kepada madzhab Hanafi. Maka wajib zakat secara mutlak. Keterengan dari buku An-Nahdliyah Jawa Timursoal I no 28 dan 82, yang mengambil dari kitab:
a. Al Muhaddzab                   Juz I/159
b. Itsmidul Ainna'in                hal. 48, 49
c. Tuhfatul Muhtaj                 Juz III/295
d. Al Hamisy Al Madaniyah   Juz I/95
فى المهذب الجزء الاول صحيفة 159 ما نصه:
و لا يصير العوض للتجارة الا بشرطين احدهما ان يملكه بعقد يجب فيه العوض كالبيع و الاجارة والنكاح والخلع، والثانى ان ينوى عند العقد انه يتملكه للتجارة. وكذلك فى احكام الفقهاء الجزء الثانى صحيفة 13 والجزء الثالث صحيفة 21. وفى اثمد العين صحيفة 48 – 49 ما نصه: مسئلة: افاد ايضا ان مذهب ابى حنيفة وجوب الزكاة فى كل ما خرج من الارض الا حطبا او قصبا او حشيشا ولا يعتبر نصابا. وعند الامام احمد فيما يؤكل او يوزن او يدخر للقوت، ولا بد من النصاب عند مالك كالشافعى. ومثله ما فى تحفة المحتاج الجزء الثانى صحيفة 195.

4.       Ada usaha perkebunan tebu dengan tujuan bahwa hasil panennya akan dijual semua untuk keperluan hidup. Setelah tebu berumur 18 bulan, maka semua tebu senilai setengah kilo gram emas. Hasil penjualan tebu ini apakah wajib dizakati dan apa alasannya? Kalau wajib dizakati dapatkah diberikan contoh penanaman (petanian/perkebunan) tanaman bukan zakawi yang memenuhi syarat-syarat tijaroh?

Jawab:
Tidak wajib zakat karena tidak memenuhi syarat tijaroh. Adapun contoh penanaman tanaman bukan zakat tetapi dizakati ialah tanaman tebu yang ditujukan diperjual belikan. Pengambilan dalil antara lain:

فى بشرى الكريم الجزء الثانى صحيفة 50 ونصه:
       الصدقة مما يعد المبيع اهـ. وفى الحواش المدينة الجزء الثانى صحيفة 95 ما نصه: وقد قررنا ان ما لا زكاة فى عينه تجب فيه زكاة التجارة من الجذوع والتين والارض اذ ليس في هذه المذكورات زكاة عين. وما لا زكاة فى عينه يجب فيه زكاة التجارة اهـ.

5.      Seseorang yang membuka hotel dengan modal senilai satu kilo gram emas bertujuan agar dari uang hasil sewa hotel dapat digunakan untuk mencukupi kebutuhan hidup pengusaha hotel. Rata-rata setiap bulan menghasilkan uang sewa senilai 40 gram emas . Dan setiap bulannya uang sewa ini selalu habis untuk keperluan hidup dan biaya pemeliharaan / perbaikan hotel. Karena demikian, maka pada akhir tahun hanya tersisa uang sewa senilai 50 gram emas. Hotel yang selalu di perbaiki dengan uang sewa ini, sekarang menjadi bagus dan harga jualnya naik menjadi satu setengah kilo gram emas. Usaha perhotelan dengan cara demikian ini, Apakah wajib dizakati, Berapa harus dibayar, apakah dari hasil sewa saja atau dari / beserta harga hotel. Kalau tidak wajib, dapatkah diberikan contoh usaha perhotelan yang mengandung makna tijaroh yang wajib dizakati?

Jawab:
Tidak wajib di zakati. Contoh usaha perhotelan dan usaha semisal yang wajib dizakati ialah usaha perhotelan yang hasilnya per tahun telah memenuhi persyaratan tijaroh. Pengambilan dalil antara lain dari:

فى كفاية الاخيار الجزء الاول صحيفة 178 وعبارته: ولو اجر الشخض ما له او نفسه وقصد الاخرة اذا كانت عرضا للتجارة تصير مال تجارة لان الاجارة معاوضة. ومثله ما فى التحفة الجزء الثالث صحيفة 394 وفى الموهبة الجزء الرابع صحيفة 31 والمجموع شرح المهذب الجزء السادس صحيفة 49 وعبارته: ومن اجر نفسه او شخصا اخر بعرض من العرض بقصد التجارة صار ذلك العرض مال تجارة فتجب الزكاة.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar dengan baik. Untuk kemajuan bersama

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!